Sunday, 19 October 2008

Kenapa Facebook lebih baik dari Friendster

Saya udah gabung dengan Friendster selama beberapa tahun dan Facebook. selama hampir setahun sampai sekarang. Terutama setelah pengalaman beberapa bulan terakhir ini, menurut saya sebagai sebuah website social-networking, Facebook (FB) lebih baik daripada Friendster (FS).

Jadi: Ya, saya menyarankan Facebook. Dan nggak, saya ga dibayar apa2 buat nulis ini :)) Tujuan saya menulis ini yah, selain karena belakangan saya jarang ngupdate blog, adalah untuk ngeshare/berbagi pengalaman mengenai FB dan FS dan mudah-mudahan saya bisa bertemu lebih banyak teman-teman (baru dan lama) di FB. Terutama teman-teman yang otherwise susah ketemu karena saya di negeri orang and all.

FB dan FS kedua-duanya sama-sama website social-networking, dimana seseorang bisa menjadi teman/"friends" dengan orang lain, mengirim pesan, comment, mengisi profil, bertemu teman-teman lama, dsb. Namun perbedaannya terletak pada fitur-fitur yang disediakan, yang membedakan semudah dan semenyenangkan apa seseorang bisa bertemu dan berinteraksi dengan teman-temannya.

Fitur FB paling powerful menurut saya adalah News Feed (dan Live Feed). News feed merupakan bagian dari halaman muka saat kamu terlogin di FB. Disini kamu bisa melihat rangkuman apa-apa saja yang baru saja dilakukan teman kamu di Facebook. Misalnya foto/video yang diupload, teman-teman baru, perubahan profil, postingan link, comment (dulu disebut "testi" di FS), status, dll. Hampir semuanya disertai thumbnail/preview, dan dapat dikomentari. Live Feed adalah versi News Feed yang lebih lengkap dan diupdate real time. Bandingkan dengan FS, dimana kita hanya melihat update kegiatan teman-teman sekilas di "My Network Activity".


Fitur lain yang juga keren adalah Commenting. Di facebook hampir semua hal yang kamu lakukan bisa dikomentari. Selain itu komentar-komentar ini biasanya muncul di news feed, sehingga orang lain bisa ikut berinteraksi.

Fitur yang tak kalah powerful adalah Notification. Bayangkan di friendster kamu melihat foto temanmu yang menarik dan meninggalkan comment. Kalau ada yang ikut comment setelah kamu, mungkin kamu gak bakal tau, kecual kalo kamu ngecek foto itu lagi. Makanya komen-komen foto di FS gak seru dan balas-balasan (kalaupun ada) akan memakan waktu beberapa hari. Sedangkan di FB, pemilik foto, orang-orang yang ada di foto, serta orang-orang yang pernah berkomentar di sebuah foto akan mendapat notifikasi real-time langsung begitu ada comment pada foto tersebut. Kalau sedang ramai, foto-fotomu bisa dapat ratusan comment dalam 1 malam saja (serus.. ini pernah terjadi). Notification tdak hanya terbatas pada komentar foto, tp juga hampir semua peristiwa yang terkait dengan kamu d facebook.

Facebook juga sukses mengintegrasikan sharing foto dan video dengan social networking. Anda bisa me-tag (atau menandai) orang lain di foto-foto atau video kamu. Misalnya kamu jalan-jalan dan foto-foto bersama teman-teman, kamu bisa upload fotonya ke facebook, lalu mengklik muka teman di foto tsb me-link-kan foto tsb ke profile teman tersebut. Selain itu foto tersebut jg akan muncul di profile teman tsb, dan dia jg akan mendapat notifikasi mengenai pengetagan tsb dan kalau ada yang komentar pada foto tsb.

Selain itu Facebook dilengkapi dengan banyak sekali Applications. FB sudah memiliki banyak aplikasi menarik bahkan sebelum friendster mengenal aplikasi. Aplikasi ini beragam mulai dari game (single maupun multiplayer), quiz, berita, dan lain sebagainya. Dulu waktu belum begitu banyak orang yang saya kenal yang aktif di facebook, saya menggunakan aplikasi-aplikasi menarik FB di waktu luang.

Satu lagi fitur yang berguna, terutama bagi pengguna yang baru bergabung dengan FB, adalah People You May Know. Fitur ini memberi saran teman yang kamu kenal berdasarkan berbagai faktor, seperti banyaknya teman in common, lokasi, jaringan, sekolah/universitas, address book email, dsb. Orang-orang yang disarankan oleh fitur ini sangatlah akurat (terutama beberapa saat setelah mulai bergabung), dan dalam beberapa hari seorang pengguna baru bisa menemukan puluhan, bahkan ratusan teman yang ia kenal di facebook. Pengguna lama maupun baru juga sering menemukan teman-teman lama melalui fitur ini. 

Masi banyak lagi alasan kenapa Facebook lebih baik dari Friendster, menurut saya, dan satu-satunya cara untuk mengetahuinya semuanya adalah (1) membaca manual Facebook sampai beruban atau (2) get a bunch of friends and join facebook! Tapi ada satu kelemahan facebook yang sangat berbahaya: adiktif alias bikin kecanduan. Berapa waktu yang anda habiskan di friendster? 15 menit? 30 menit? 1 jam? Tapi di facebook ada orang-orang yang hampir seharian atau semalaman menyibukkan diri dengan facebook. Hati-hati saja.

Mudah-mudahan postingan ini bermanfaat. Hehe.

*update: klik disini untuk tutorial yang jelas dan sederhana mengenai cara mendaftar di facebook

7 comments:

DownSyndrome said...

hidup facebook..
heheh...
yeap u r rite (artinya: ya kamu di sebelah kanan...)

saiah baru saja menutup jendela fesbuk saiah (yang udah dibuka dari jam 9 pagi...) dan baru saja saiah mau buka lagi..
hehehe...

parah!
nice review^^

*salam kenal^^

Hamdanil said...

halo downsyndrome
salam kenal & thanks commentnya

lega juga ternyata ada yg lebih parah drpd saya ngefacebooknya :P
hahah

gita said...

*lega juga ada yg lebih parah dari aku maen FBnya.
Tapi tidak untuk sekarang. Karena FB's occupation upon me is over(halah apa sih)
MERDEKA! :D

@Danil: tengs nil hahhaha

Hamdanil said...

haha gita
jangan senang dulu.. I can take away your freedom in a couple of seconds :P

hyter said...

bner2.. stju bgt.. fs lbh cepat bosan..sperti yg tlah dikatakan...hheheh..cm kok u maen game. spt biggest brain itu , dapet no. 1 terus,,hahah..
cm fb ga bisa ngeview profil org yg blm jd fren kita...cm overall fb lbh kreatif kykna

PHY said...

"Tapi di facebook ada orang-orang yang hampir seharian atau semalaman menyibukkan diri dengan facebook."

Kayaknya aku kenal ini..yg inisialnya pfa dan hr ya? =P
ps: rss juga agak addicted. :(

Hamdanil said...

@hyter: mungkin kamu perlu add teman2 yang sakti, biar jangan nomor 1 lagi, hehehe
@phy: alah kamu jg, pake nunjuk2 orang segala

 
© Hamdanil Rasyid. Except where stated otherwise, all rights in the texts of this blog are owned by Hamdanil Rasyid, and
all posted images are licensed under a Creative Commons Attribution-Share Alike 3.0.