Friday, 5 December 2008

Teka-teki menarik

1.
Tiga orang, Amir, Badu, dan Charlie ditutup matanya dan masing-masing mengambil sebuah topi dari bungkusan yang berisi 3 topi hitam dan 2 topi putih. Amir dan Badu membuka tutup matanya, dan masing-masing bisa melihat topi dari dua orang lainnya, tapi tidak bisa melihat topinya sendiri. 

Amir berkata, "Hmm, saya tidak bisa menebak topi saya warnanya apa." Mendengar hal ini, Badu berkata, "Kalau begitu saya juga tidak bisa menebak warna topi saya." Setelah mendengar dua pernyataan ini, Charlie yang masih ditutup matanya, berkata, "Saya tahu warna topi saya!"

Apa warna topi Charlie, dan bagaimana dia bisa tahu?

2.
Dua teman lama, Adi dan Budi bertemu kembali setelah 20 tahun tidak berjumpa.
A: Gimana kabarmu sekarang, Bud?
B: Baik, sekarang udah menikah, punya 3 anak.
A: Wah selamat, berapa umur anak-anakmu?
B: Hasil kali dari umur mereka bertiga = 36. hayo berapa umurnya?
A: Aduh kok jadi main teka-teki sih?
B: Iya dong, liat judul postingan blog ini.
A: Tapi kalo cuma hasil kali saja kayaknya aku belum bisa nebak deh.
B: OK, umur mereka dinyatakan dalam bilangan bulat, dan kalo dijumlahkan sama dengan nomor bangunan itu [menunjuk bangunan]
A: [melihat nomor bangunan] OK [mencoret-coret di kertas] Hmm, sepertinya aku masih belum bisa nebak
B: BTW, anakku yang paling tua namanya Joko
A: Ah, sekarang aku tau berapa umur anak-anakmu.

Berapa umur anak-anak Budi?

3.
Teka-teki ini membutuhkan kemampuan bahasa Inggris. Suatu tulisan dikodekan dengan cara setiap huruf yang ada diubah menjadi huruf lainnya. Misalnya semua A diubah menjadi B, semua B diubah menjadi H, dst (misalnya). Tebak tulisan apa yang dikodekan menjadi seperti dibawah ini (dalam Bahasa Inggris)
AZCOC'P FG UJNFJMJCU ODE MGO GFC AG PHJX GF D AOJTYE PJUCQDHY. PG - QDATZ EGBO PACX.
[sumber: Tools of Thinking and Problem Solving oleh Moshe F. Rubinstein, ISBN 0139251405]
note: kalau Anda sudah berusaha mengerjakan ini tapi masih belum ketemu/penasaran, coba highlight tulisan yang dikuningkan berikut ini (tapi kalau gak lihat ini lebih menantang lho) : ODE diganti QDE

Asumsi: Amir, Badu, Charlie, Adi dan Budi semuanya jujur, dan bisa mengambil kesimpulan secara logika dengan benar dan lengkap.
Bisakah pembaca menebak jawaban dari teka-teki diatas? Dalam waktu kurang dari 5 menit? Mungkin kapan-kapan saya posting jawaban saya.

7 comments:

Levi said...

Jawabanku ada di sini : http://pahlevi.qsh.es/post/2008/12/05/Jawaban-Teka-Teki-Menarik.aspx

Harsa Indra Yunilman said...
This comment has been removed by the author.
Hamdanil said...

salah har, coba cek lagi

Harsa Indra Yunilman said...
This comment has been removed by the author.
Harsa Indra Yunilman said...

oh, *liat facebook*

Hamdanil said...

tapi rat bagaimanapun tetap salah har

PHY said...

ray

 
© Hamdanil Rasyid. Except where stated otherwise, all rights in the texts of this blog are owned by Hamdanil Rasyid, and
all posted images are licensed under a Creative Commons Attribution-Share Alike 3.0.